Sup Ayam Jahe & Minuman Jakur Cocok di Musim Hujan

Rabu, 18 November 2015 - 08:25 WIB
Sup Ayam Jahe & Minuman...
Sup Ayam Jahe & Minuman Jakur Cocok di Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Makanan dan minum penghangat tubuh sangat cocok dikonsumsi pada saat musim hujan. Salah satunya makanan Sup Ayam Jahe dan Minuman Jakur.

Mantan anggota Master Chef Season 4 Valda Rompas membagikan, resep kedua makanan dan minum penghangat yang biasa dikonsumsi saat udara dingin. Untuk Sup Ayam Jahe, Valda memberikan resep yang mudah dibuat saat dirumah.

"Ini sup ayam jahe. Masakan sup ayam yang menggunakan bumbu jahe. Jahenya jangan terlalu banyak, tapi di tim. Ayam direndam air panas. Kemudian air rendamannya dibuang, selanjutnya panaskan air lalu tambahkan jahe dan bumbu lainnya," jelas Valda di Jakarta.

Tak hanya menggunakan jahe untuk memantapkan rasa Sup Ayam Jahe. Valda pun memilih ayam kampung sebagai bahan dasar Sup Ayam Jahe.

Sementara itu, untuk minuman Jakur alias Jahe Cikur ini merupakan minuman pengangat yang terdiri dari gabungan dari bahan bumbu dapur seperti kencur, serai dan jeruk lemon.

Untuk pembuatannya, dia menjelaskan, setiap bahannya dicampurkan, dengan takaran yang sudah disesuaikan.

"Jahe, gula merah, kencur. Serai dicampurkan juga jeruk lemon. Itu semuanya direbus. Aduk gula merahnya. Untuk porsi gelas gula merah hanya 2 sendok makan, jahe 2 potong, kencur 3 buah, serai cukup satu batang. Kemudian, ditambah air panas. Terakhir berikan perasan jeruk lemon," ujarnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0647 seconds (0.1#10.140)